Pets day @ American Corner ITB

adam
Jumat, 25 - Maret - 2011, 13:19:23

klik untuk memperbesarRabu, 23 Maret 2011 American corner ITB menyelenggarakan acara ?Pets day at American Corner ITB? Tujuan dari acara yang bertemakan ?Pets are my family? ini adalah meningkatkan kecintaan pada hewan kesayangan ; meningkatkan kepedulian terhadap hewan yang terabaikan (kucing liar, anjing liar yang tidak dipelihara dengan baik) dan forum pertemuan antara para pecinta hewan kesayangan serta tentunya sebagai salah satu sarana hiburan untuk mahasiswa ITB yang saat ini sedang dalam masa UTS.

Acara dimulai dari pukul 10.00-15.00 WIB tersebut menampilkan beberapa event, yaitu Pameran foto ?Me and My Pets? ; Forum konsultasi hewan peliharaan ; Nonton bersama Film ?Marley and Me? ; dan Pets talk show ?Adopt don?t shop?. Turut memeriahkan acara ini, dihadirkan pula kucing-kucing dari Komunitas Pengadopsi Kucing (KPK) mulai dari ras lokal, campuran, sampai dengan Anggora. Para mahasiswa yang saat itu sedang dalam masa Ujian Tengah Semester pun tampak antusias dengan kehadiran kucing-kucing tersebut. Mereka terhibur dan berebutan menggendong serta berfoto mengabadikan moment mereka bersama kucing-kucing tersebut. Namun dalam acara ini tidak sebatas mengenai kucing, beberapa mahasiswa dalam forum konsultasi banyak bertanya mengenai hewan-hewan peliharaan yang kini mereka miliki seperti marmut, hamster, ikan, bahkan reptile seperti iguana dan ular.

Menjelang siang hari acara dilanjutkan dengan Pets talk show ?Adopt don?t shop? dengan menghadirkan pembicara yaitu Drh Alexander Saba, MMA (Dokter hewan Dirjen Peternakan RI) dan Jennifer Shinto (US Volunteer Amcor ITB). Drh Alex dalam presentasinya banyak membahas mengenai manfaat hewan peliharaan bagi peningkatan kualitas hidup manusia. Hewan peliharaan dapat menjadi sarana alternatif untuk menghilangkan stress setelah menjalani rutinitas sehari-hari. Namun, perlu juga diperhatikan komitmen tanggung jawab dari pemilik hewan tersebut untuk senantiasa merawatnya dengan baik.

Presentasi lalu dilanjutkan oleh Jennifer Shinto yang banyak bercerita mengenai hewan peliharaan di Amerika Serikat dan pengalamannya bersama hewan peliharaannya, Othello, seekor anjing jenis Labrador (Jenis seperti dalam film Scooby-do) yang ia pelihara dari bayi hingga mati. Di Amerika Serikat, hewan peliharaan dilindungi oleh peraturan-peraturan yang ketat, yaitu diantaranya pemilik hewan harus mendapat lisensi, adanya sterilisasi, dan adanya database dalam suatu lingkup area tertentu yang berisi informasi hewan-hewan apa saja yang berada disana. Peraturan-peraturan tersebut dibuat untuk melindungi hewan dan warga di lingkungan tersebut agar mudah pengawasannya.

Setelah presentasi, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi. Para peserta banyak bertanya mulai dari hal-hal serius sampai dengan hal-hal ringan. Beberapa diantaranya mengangkat isu sterilisasi hewan yang menjadi pro kontra, apakah hewan harus disterilkan dan pada akhirnya tidak bisa berkembang biak? Seluruh peserta pun mengungkapkan pendapatnya, baik dari sisi positif maupun negatif mengenai sterilisasi tersebut. Peserta lainnya pun bertanya mengenai kesehatan hewan, penyakit-penyakit yang menular dari hewan ke manusia seperti rabies dan Toxoplasma, sampai dengan tips dan trik memilih dan merawat hewan peliharaan. Pada akhirnya acara ditutup dengan pembagian souvenir dan hadiah kuis serta sesi foto bersama.

Dokumentasi kegiatan dapat dilihat di Pages American Corner ITB http://www.facebook.com/americancorneritb

Trackback

Trackback URI:http://idln.lib.itb.ac.id/news/trackback/210