Studi Banding Peserta Diklat Calon Pustakawan Tingkat Ahli Angkatan XXIV

adam
Kamis, 24 - Mei - 2012, 08:03:12

klik untuk memperbesarRabu, 23 Mei 2012, UPT Perpustakaan ITB menerima kunjungan dari Peserta Diklat Calon Pustakawan Tingkat Ahli Angkatan (CPTA) XXIV. Kunjungan yang dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 11.00 WIB dilakukan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia di bidang perpustakaan yang dikoordinir oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI. Peserta Diklat berpendidikan S1 non perpustakaan yang akan beralih menjadi Pejabat Fungsional Pustakawan Tingkat Ahli. Kunjungan ini dilakukan sebagai bentuk studi banding pengelolaan perpustakaan, pada khususnya yang telah berjalan di UPT Perpustakaan ITB.

Dalam kesempatan tersebut rombongan peserta disambut oleh Kepala Perpustakaan ITB, Bapak Drs. Mahmudin, S.IP yang sekaligus memaparkan mengenai pengelolaan perpustakaan di ITB. Dalam pemaparannya, dijelaskan secara rinci dan komprehensif mengenai pengelolaan UPT Perpustakaan ITB mulai dari Renstra Pengembangan sampai dengan pelaporan statistik perpustakaan.

Acara lalu dilanjutkan dengan forum diskusi dan silaturahmi yang dipimpin oleh Pustakawan ITB Bapak Dikdik Suhendi, S.Sos. Peserta begitu interaktif mengajukan pertanyaan mulai dari bahasan ringan seputar tunjangan fungsional sampai dengan kiat-kiat untuk meningkatkan kinerja perpustakaan.

Peserta Diklat selanjutnya melakukan observasi ke setiap Bagian. Beberapa Bagian yang dikunjungi yaitu, Bagian Pengadaan/Pengolahan, Digital Content, Layanan-layanan Perpustakaan (Sirkulasi, Referensi, Corner-corner, dan Jurnal). Pada akhirnya, peserta Diklat mengakhiri kunjungan ini dengan melakukan foto bersama di depan Gedung UPT Perpustakaan ITB.

Dokumentasi lengkap kegiatan dapat dilihat di Page Perpustakaan ITB http://www.facebook.com/ITBLibrary

Trackback

Trackback URI:http://idln.lib.itb.ac.id/news/trackback/218