Perpustakaanku Tempat Main Yang Asik

adam
Senin, 28 - Mei - 2012, 15:44:46

klik untuk memperbesarJudul berita tersebut merupakan judul dari artikel yang telah ditulis oleh mahasiswa ITB yang tergabung dalam forum Segitiga (http://segitiga.net). Semua bermula pada hari Jumat 25 Mei 2012 dimulai pada pukul 13.00 WIB dan berakhir pukul 17.00 WIB, UPT Perpustakaan ITB melalui American Corner bekerjasama dengan Forum Segitiga menggelar acara bermain di Perpustakaan dalam "Games Day with Segitiga: Board Game Session"

Dalam acara tersebut dibuktikan bahwa perpustakaan tidak harus selalu identik dengan buku. Fungsi perpustakaan sebagai sarana hiburan khususnya untuk mahasiswa terbukti melalui pelaksanaan acara tersebut. Tidak hanya mahasiswa ITB yang turut terlibat, teman-teman mahasiswa dari Unpad, UPI, dan bahkan staf perpustakaan pun pada akhirnya tidak tahan untuk ikut mencoba serunya bermain. Serunya jalannya acara tersebut salah satunya terdokumentasikan dalam tulisan mahasiswa berikut dalam situs segitiga.net. Berikut dilampirkan tulisan tersebut:


“Siapa bilang perpustakaan hanya dijadikan tempat belajar atau baca buku? Acara #BGsession ITB kemarin menjadi bukti bahwa perpustakaan bisa jadi tempat main yang asik.
Bekerja sama dengan American Corner ITB, acara #BGsession digelar di Perpustakaan Pusat ITB. Acara ini juga digabungkan dengan Games Day dari American Corner ITB yang ditujukan untuk meningkatkan minat baca mahasiswa melalui bermain. Kebanyakan board game yang dihadirkan berasal dari Amerika, seperti The Game of Life, UNO, Pandemic, Pictionary, Scrabble, dan Monopoly.
Perpustakaan yang biasanya sepi dan hening berubah menjadi tempat yang penuh keriuhan canda tawa teman-teman yang datang. Ada yang heboh bermain kartu UNO, tebak-tebakan gambar ala Pictionary, maupun memikirkan strategi agar berhasil melawan wabah penyakit di Pandemic. Tidak hanya teman-teman mahasiswa yang asik bermain, tapi petugas perpustakaan pun tertarik untuk ikut dan merasakan serunya bermain.
Pada akhirnya, waktu bermain sudah habis, tapi senyum dan tawa teman-teman tetap ada, apalagi setelah diberi sovenir dari American Corner ITB. Horee! “

Sumber: http://segitiga.net/2012/05/perpustakaanku-tempat-main-yang-asik/

Kegiatan bermain sendiri bukanlah hal yang aneh tapi menjadi unik ketika dilaksanakan di dalam perpustakaan. Namun dari keunikan tersebut dapat diperoleh hal-hal positif berikut:

1.The ability to learn teamwork
2. Skill in managing groups
3. Higher levels of problem solving
4. Increased visual acuity (sharpness)
5. Improved visual cognition
6. Accelerated acquisition of motor skills
7. Reduced reaction times and increased speed of activities
8. Enhanced mental rotation skills
9. Better visual and spatial memory,
10. Increased ability to maintain divided attention

Sumber: http://addictionblog.org/body/top-10-positive-effects-of-video-games-on-children/

Melalui aktivitas bermain mahasiswa dapat banyak belajar dan meningkatkan kemampuan mereka dalam kerjasama tim, dinamika kelompok, memecahkan masalah yang tingkatan levelnya akan semakin tinggi, ketajaman visual dan intuisi, berolahraga otak dan fisik melalui akselerasi anggota tubuh dan pikiran, melatih konsentrasi dan banyak lagi manfaat positif lainnya. Khususnya untuk perpustakaan sendiri aktifitas bermain ini dapat meningkatkan kunjungan dan minat baca mahasiswa. Perpustakaan bukan hanya merupakan tempat untuk meminjam dan mengembalikan buku, tetapi lebih dari itu mahasiswa akan menyadari bahwa banyak hal yang bisa dilakukan di perpustakaan. Pada akhirnya mereka bisa juga GAUL dan mengalami hal yang seru di perpustakaan.

Jadi bagaimana menurutmu? Masihkah Kamu berpikiran bahwa perpustakaan itu isinya hanya BUKU? Jika jawabanmu “IYA” Buktikan bahwa itu SALAH dengan datang ke acara “Games Day with Segitiga: Board Game Session" setiap hari Jumat pukul 13.00 WIB bertempat di American Corner ITB UPT Perpustakaan ITB Lantai 1. GRATIS 1000% dan DIJAMIN SERU!!


Dokumentasi kegiatan: http://www.facebook.com/americancorneritb

Trackback

Trackback URI:http://idln.lib.itb.ac.id/news/trackback/219