Marhabban Yaa Ramadhan 1433 H : Silaturahmi Pegawai dan Purnabakti

adam
Kamis, 19 - Juli - 2012, 15:15:27

klik untuk memperbesarKamis, 19 Juli 2012 dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1433 H, UPT Perpustakaan ITB menyelenggarakan kegiatan Silaturahmi dan Tausiyah Ramadan 2012 dengan Pembicara, Ustadz Ibad Rojali, S.Ag bertempat di American Corner Gedung Perpustakaan Pusat ITB. Acara yang berlangsung dari pukul 11.00 WIB sampai dengan 13.00 WIB tersebut berlangsung dengan khidmat dan penuh rasa kekeluargaan. Dalam acara tersebut hadir para pegawai dan purnabakti perpustakaan ITB sebanyak kurang lebih 50 (lima puluh) pegawai dan purnabakti larut dalam suasana agamis dan kekeluargaan khidmat menerima pembekalan rohani sebagai salah satu persiapan mental menghadapi bulan Ramadhan tahun ini.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan Sari Tilawah yang dilantunkan oleh “Qori” Arif Trikanda, S.Si dan Neneng Sonia menjadi awal yang baik dalam menguatkan suasana agamis yang sudah terbangun. Selanjutnya melalui pembawa acara Suhendi, S.Sos dengan gaya humor yang khas namun tetap serius membawa peserta tetap fokus namun santai dalam mengikuti jalannya acara. Dalam sambutannya Kepala UPT Perpustakaan ITB, Drs. Mahmudin SIP menyampaikan bahwa acara silaturahmi ini akan menjadi tradisi setiap tahunnya dalam menyambut bulan Ramadhan sekaligus silaturahmi antar seluruh pegawai beserta para purnabakti.

Ustadz Ibad Rojali dalam materinya menyampaikan bahwa bulan Ramadhan ini menjadi bulan disiplin dalam arti disiplin dalam perilaku kehidupan selama sebelas bulan mendatang. Manusia dalam kehidupannya melalui empat alam, yaitu alam malakut, alam lahir, alam fana, alam barzah. Alam fana merupakan alam saat ini untuk mempersiapkan manusia untuk menuju kembali kepada Tuhannya. Bulan Ramadhan menjadi bulan bonus karena pada bulan ini pahala ibadah dilipatgandakan sebanyak 70 (tujuh puluh) kali lipat dari biasanya, sehingga bulan Ramadhan ini menjadi kesempatan dalam menggiatkan ibadah yang biasa dilakukan sebagai bekal untuk persiapan menuju alam berikutnya.

Ustadz Ibad Rojali turut pula membekali para pegawai dan purnabakti ilmu dan kiat-kiat yang harus diperhatikan dalam menghadapi bulan Ramadhan. Beberapa diantaranya adalah terkait waktu imsak yang merupakan waktu peringatan untuk memulai shaum, kiat-kiat shalat khusu yaitu mengetahui ilmu shalat, memantapkan hati sedang menghadap Allah SWT dan menyadarkan diri bahwa saat ini sedang shalat. Disampaikan pula hal-hal yang harus dihindari karena dikhawatirkan mengurangi nilai dari shaum yang dilaksanakan yaitu, (1) Gibah, (2) Fitnah, (3) Naminah, (4) Syahwat, (5) Sumpah palsu, dan (5) Dusta atau berbohong. Acara selanjutnya dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab, tercatat kurang lebih 9 (Sembilan) pegawai dengan rata-rata 2 (dua) atau 3 (tiga) pertanyaan diajukan oleh setiap orangnya membuat acara menjadi semakin dinamis dan seru dalam mengobati keingintahuan para pegawai dan purnabakti dalam mempersiapkan diri menghadapi bulan Ramadhan.

Setelah tausiyah diberikan, acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama yang diikuti oleh seluruh pegawai dan purnabakti. Pada akhirnya acara ditutup dan dilanjutkan dengan makan siang bersama. Melalui media ini, UPT Perpustakaan ITB mengucapkan “Marhabban Yaa Ramadhan” selamat menunaikan ibadah shaum bagi yang melaksanakannya.

Salam Perpustakaan.

Dokumentasi Kegiatan; www.facebook.com/ITBLibrary

Trackback

Trackback URI:http://idln.lib.itb.ac.id/news/trackback/230